I. PENDAHULUAN
a. Latar Belakang
Dunia pendidikan
merupakan sebuah dunia tersendiri dengan berbagai jenis permasalahan dan latar
belakang keluarga yang sangat beragam sehingga memerlukan berbagai cara, tehnik
dan metode untuk memecahkan masalah yang ditemukan pada lingkungan sekolah
tersebut.
b. Rumusan Masalah
Berdasarkan keseharian
di sekolah dimana penulis berkerja ditemukan permasalahan yang menurut penulis
memerlukan tata cara penanganan yang khusus terhadap siswa tersebut, adapun permasalahannya
adalah sebagai berikut:
a.1. Seorang
siswa kelas III SD setiap mengikuti pelajaran Membaca dan Menulis mengalami
kelambatan / tidak bisa menangkap materi yang diajarkan sehingga siswa tersebut
kesulitan untuk bisa membaca dan menulis.
a.2. Rasa
tidak enak dan rasa segan terhadap orang tua siswa tersebut dikarenakan orang
tua siswa itu merupakan salah satu tenaga pengajar di SD tersebut
c. Tujuan
dan Manfaat
c.1. Tujuan
Untuk mencari jalan keluar
terhadap masalah yang ditemukan selama mengajar di kelas III di SD
tersebut sehingga nantinya masalah yang
dihadapi bisa terselesaikan dengan baik.
c.2. Manfaat
1. Untuk
mencari cara, tehnik dan metode yang tepat didalam menyelesaikan masalah yang
dihadapi dalam proses belajar mengajar.
2. Memperbaiki
tata cara mengajar selama proses belajar mengajar yang selama ini dilaksanakan
pada kelas III di SD tersebut.
II. PEMBAHASAN
a. Landasan
Teori
Salah satu hal yang harus dilakukan oleh guru adalah dengan
mengajar di kelas. Salah satu yang paling penting adalah performance guru di
kelas. Bagaimana seorang guru dapat menguasai keadaan kelas sehingga tercipta
suasana belajar yang menyenangkan. Dengan demikian guru harus menerapkan
metode pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik peserta didiknya.
Tiap-tiap kelas bisa kemungkinan
menggunakan metode
pembelajaran yang berbeda dengan kelas lain. Untuk itu
seorang guru harus mampu menerapkan berbagai metode pembelajaran.
b. Metode latihan (drill)
Metode latihan adalah
suatu teknik mengajar yang mendorong siswa untuk melaksanakan kegiatan
latihan agar memiliki
ketangkasan atau keterampilan
yang lebih tinggi dari apa yang dipelajari.
a. Kelebihan metode latihan
1) Untuk memperoleh
kecakapan motoris.
2) Untuk memperoleh
kecakapan mental
3) Untuk memperoleh
kecakapan dalam bentuk asosiasi yang dibuat.
4) Pembentukan kebiasaan
serta menambah ketepatan dan kecepatan pelaksanaan.
5) Pemanfaatan kebiasaan
yang tidak membutuhkan konsentrasi.
6) Pembentukan kebiasaaan
yang lebih otomatis.
b. Kelemahan metode
latihan.
1) Menghambat bakat dan
inisiatif siswa.
2) Menimbulkan
penyesuaian secara statis kepada lingkungan.
3) Monoton, mudah
membosankan.
4) Membentuk kebiasaan
yang kaku.
5) Dapat menimbulkan
verbalisme.
c. Metode
Sosiodrama
Metode yang
digunakan untuk mengajarkan
nilai-nilai dan memecahkan masalah- masalah yang
dihadapi dalam hubungan
sosial dengan orang-orang
di lingkungan keluarga,
sekolah maupun masyarakat.
Dalam pelaksanaannya siswa diberikan
peran tertentu dan
melaksanakan peran tersebut serta
mendiskusikannya di kelas.
a.
Kelebihan metode sosiodrama
1) Melatih siswa
untuk melatih, memahami
dan mengingat isi
bahan yang akan didramakan.
2)
Melatih siswa berinisiatif dan berkreatif.
3)
Memupuk bakat.
4)
Menumbuhkan dan membina kerjasama.
5)
Mendapat kebiasaan untuk membagi tanggung jawab.
6)
Membina tata bahasa siswa.
b.
Kelemahan metode sosiodrama
1)
Kurang kreatif bagi anak yang tidak ikut dalam drama.
2)
Banyak memakan waktu.
3)
Memerlukan tempat yang luas.
4)
Mengganggu kelas lain karena gaduh.
d. Hasil Yang dicapai
Setelah melakukan kedua
metode tersebut dapat diketahui dan didapat bahwa kecendrungan siswa untuk
belajar lebih tinggi sehingga didapat sebuah hasil yang cukup memuaskan dimana
sebelumnya siswa kelas III yang bisa menulis dan berhitung lancar sejumlah 11
orang dan 4 orang yang masih mengeja didalam membaca dan 5 orang yang tidak
bisa membaca, setelah penerapan kedua metode tersebut maka di temukan sebuah
hasil yang sangat memuaskan dimana telah terjadi perubahan yaitu 17 orang
lancar membaca dan menulis dan 2 orang sudah bisa membaca dan menulis secara
perlahan dan 1 orang masih tahap mengeja.
III. KESIMPULAN
a.
Simpulan
Berdasarkan uraian
tersebut dapatlah diambil kesimpulan bahwa sebuah metode belajar sangat
menentukan keberhasilan siswa didalam mengikuti proses belajar mengajar dan
untuk itu perlu adanya metode dan tata cara mengajar yang tepat sesuai dengan
karakter dari siswa tersebut.
b. Saran
Tulisan ini jauh dari sempurna karena itu mohon masukan dan saran dari pembaca yang budiman.
OLEH :
I MADE SUSANTHA
HARIMBAWA, A.Md., S.Pd
JURUSAN DHARMA
ACARYA
PRODI : PGSD
AMPULEN
NIM :
16.11.3.1.36
The Best Casino Sites | ChoegoCasino
BalasHapusWe rank and 메리트 카지노 고객센터 review the best sites for online casino gambling at ChoegoCasino. We choegocasino rank and review the 1xbet best sites for online casino gambling at ChoegoCasino.