Selasa, 14 Maret 2017

PERMASALAHAN DAN CARA MENGATASI SISWA YANG MENDAPAT KESULITAN DI DALAM MENGIKUTI PROSES BELAJAR PADA SEKOLAH DASAR.



I.   PENDAHULUAN
a.  Latar Belakang
Dunia pendidikan merupakan sebuah dunia tersendiri dengan berbagai jenis permasalahan dan latar belakang keluarga yang sangat beragam sehingga memerlukan berbagai cara, tehnik dan metode untuk memecahkan masalah yang ditemukan pada lingkungan sekolah tersebut.
b. Rumusan Masalah
Berdasarkan keseharian di sekolah dimana penulis berkerja ditemukan permasalahan yang menurut penulis memerlukan tata cara penanganan yang khusus terhadap siswa tersebut, adapun permasalahannya adalah sebagai berikut:
         a.1.    Seorang siswa kelas III SD setiap mengikuti pelajaran Membaca dan Menulis mengalami kelambatan / tidak bisa menangkap materi yang diajarkan sehingga siswa tersebut kesulitan untuk bisa membaca dan menulis.
         a.2.    Rasa tidak enak dan rasa segan terhadap orang tua siswa tersebut dikarenakan orang tua siswa itu merupakan salah satu tenaga pengajar di SD tersebut
     c.  Tujuan dan Manfaat
         c.1.    Tujuan
                   Untuk mencari jalan keluar terhadap masalah yang ditemukan selama mengajar di kelas III di SD tersebut  sehingga nantinya masalah yang dihadapi bisa terselesaikan dengan baik.
         c.2.    Manfaat
              1.  Untuk mencari cara, tehnik dan metode yang tepat didalam menyelesaikan masalah yang dihadapi dalam proses belajar mengajar.
              2.  Memperbaiki tata cara mengajar selama proses belajar mengajar yang selama ini dilaksanakan pada kelas III di SD tersebut.

II. PEMBAHASAN
a.  Landasan Teori
Salah satu hal yang harus dilakukan oleh guru adalah dengan mengajar di kelas. Salah satu yang paling penting adalah performance guru di kelas. Bagaimana seorang guru dapat menguasai keadaan kelas sehingga tercipta suasana belajar yang menyenangkan. Dengan demikian guru harus menerapkan metode pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik peserta didiknya. Tiap-tiap kelas bisa kemungkinan menggunakan metode pembelajaran yang berbeda dengan kelas lain. Untuk itu seorang guru harus mampu menerapkan berbagai metode pembelajaran.
b.  Metode latihan (drill)
Metode latihan adalah suatu teknik mengajar yang mendorong siswa untuk melaksanakan  kegiatan  latihan  agar  memiliki  ketangkasan  atau keterampilan yang lebih tinggi dari apa yang dipelajari.
a.  Kelebihan metode latihan
     1)  Untuk memperoleh kecakapan motoris.
     2)  Untuk memperoleh kecakapan mental
     3)  Untuk memperoleh kecakapan dalam bentuk asosiasi yang dibuat.
     4)  Pembentukan kebiasaan serta menambah ketepatan dan kecepatan pelaksanaan.
     5)  Pemanfaatan kebiasaan yang tidak membutuhkan konsentrasi.
     6)  Pembentukan kebiasaaan yang lebih otomatis.
b. Kelemahan metode latihan.
     1)  Menghambat bakat dan inisiatif siswa.
     2)  Menimbulkan penyesuaian secara statis kepada lingkungan.
     3)  Monoton, mudah membosankan.
     4)  Membentuk kebiasaan yang kaku.
     5)  Dapat menimbulkan verbalisme.

c. Metode Sosiodrama
Metode  yang  digunakan  untuk  mengajarkan  nilai-nilai  dan  memecahkan masalah- masalah  yang  dihadapi  dalam  hubungan  sosial  dengan  orang-orang  di  lingkungan  keluarga,  sekolah  maupun  masyarakat.  Dalam pelaksanaannya  siswa  diberikan  peran  tertentu  dan  melaksanakan  peran tersebut serta mendiskusikannya di kelas.
     a. Kelebihan metode sosiodrama
     1) Melatih  siswa  untuk  melatih,  memahami  dan  mengingat  isi  bahan yang akan didramakan.
         2) Melatih siswa berinisiatif dan berkreatif.
         3) Memupuk bakat.
         4) Menumbuhkan dan membina kerjasama.
         5) Mendapat kebiasaan untuk membagi tanggung jawab.
         6) Membina tata bahasa siswa.
     b. Kelemahan metode sosiodrama
         1) Kurang kreatif bagi anak yang tidak ikut dalam drama.
         2) Banyak memakan waktu.
         3) Memerlukan tempat yang luas.
         4) Mengganggu kelas lain karena gaduh.

d. Hasil Yang dicapai
Setelah melakukan kedua metode tersebut dapat diketahui dan didapat bahwa kecendrungan siswa untuk belajar lebih tinggi sehingga didapat sebuah hasil yang cukup memuaskan dimana sebelumnya siswa kelas III yang bisa menulis dan berhitung lancar sejumlah 11 orang dan 4 orang yang masih mengeja didalam membaca dan 5 orang yang tidak bisa membaca, setelah penerapan kedua metode tersebut maka di temukan sebuah hasil yang sangat memuaskan dimana telah terjadi perubahan yaitu 17 orang lancar membaca dan menulis dan 2 orang sudah bisa membaca dan menulis secara perlahan dan 1 orang masih tahap mengeja.

III. KESIMPULAN
     a. Simpulan
Berdasarkan uraian tersebut dapatlah diambil kesimpulan bahwa sebuah metode belajar sangat menentukan keberhasilan siswa didalam mengikuti proses belajar mengajar dan untuk itu perlu adanya metode dan tata cara mengajar yang tepat sesuai dengan karakter dari siswa tersebut.
     b.  Saran
Tulisan ini jauh dari sempurna karena itu mohon masukan dan saran dari pembaca yang budiman.



OLEH :
I MADE SUSANTHA HARIMBAWA, A.Md., S.Pd
JURUSAN DHARMA ACARYA
PRODI : PGSD AMPULEN
NIM : 16.11.3.1.36





1 komentar:

  1. The Best Casino Sites | ChoegoCasino
    We rank and 메리트 카지노 고객센터 review the best sites for online casino gambling at ChoegoCasino. We choegocasino rank and review the 1xbet best sites for online casino gambling at ChoegoCasino.

    BalasHapus